anchor yang hebat

Tips Menjadi Anchor Futsal Yang Handal dalam Permainan

Pengertian Anchor Futsal

Anchor futsal – Tentu kita sudah mengetahuinya, bahwa pemain futsal meripakan pemain yang tidak hanya mengandalkan skill individual saja, melainkan juga mengandalkan kerja sama antar di dalam tim yang bagus dan baik antar pemain disemua lini posisi. Di da;am permainan futsal sendiri memang terdapat beberapa posisi diantaranya adalah Attackers, Defenders, Modfielders, Anchor dan juga Pivot.

sumber gambar : Twitter Federasi Futsal

Pada kesempatan ini Admin akan membahas mengenai posisi pemain futsal sebagai Anchor futsal. Di dalam permainan futsal, posisi Anchor atau Pemain Anchor ini sering disebut juga Cierre yang sangat sangat penting dan juga krusial. Karena tugas dari pemain tersebut adalah sebagai pengatur irama permainan baik di dalam timnya melakukan serangan atau pada saat bertahan.

Biasanya pemain anchor ini merupakan pemain yang pertama menerima bola dari kiper atau penjaga gawang saat ingin menyerang ke daerah tim lawan dan juga sebagai pemutus serangan dari tim lawan saat menyerang di area pertahanan kita. Tentu untuk bisa menjadi pemain anchor dalam permainan futsal yang dapat diandalkan oleh timnya dan memang tidak mudah.

Selain itu tentu butuh waktu dan juga proses yang tidak seingkat untuk bisa menjadi pemain handal dan baik sebagaia pemain anchor. Terlebih peran dari pemain ini sangat vital sekali bagi timnya. Maka dari itu, jika Anda ingin menempati posisi ini harus perhatikan beberapa hal dibawah ini.

Tips Menjadi Pemain Anchor Futsal Terbaik

  1. Field Vision

Tenntu yang pertama untuk bisa menjadi pemain ini harus memiliki field vision yang bagus dan juga luas. Karena tidak jarang pada saat skema open play terdapat suatu celanh untuk melakukan serangan.

  1. Menguasai Teknik Dasar

Memang setiap pemain futsal harus bisa menguasai teknik dasar terlebih dahulu termasuk pemain anchor. Anda harus berlatih untuk menguasai teknik dasar dengan baik dan benar, karena banyak sekali pemain yang mengabaikan hal ini padahal sangat penting sekali.

  1. Defense

Tentu seorang pemain anchor harus memiliki kemampuan defense saat berada 1 lawan 1. Hal ini tidak hanya termasuk dalam semangat ngotot atau ngeyelnya pada saat merebut bola lawan, melainkan juga saat delay serangan lawan, peposisian saat bertahan dan juga komunikasi antar posisi.

  1. Pengambilan keputusan

Tentu dalam permainan futsal di posisi anchor Anda harus bisa mengambil sebuah keputusan dimana sebuah moment dapat berubah hanya dalam hitungan detik saja. Tentu Anda harus pintar-pintar dalam mengambil sebuah keputusan.

Lihat juga : Tips jadi Pivot yang jago

  1. Shooting

Memang banyak sekali pemain anchor apalagi yang masih pemula sering mengabaikan hal yang satu ini, karena memang pada saat situasi tertentu, pemain anchor juga bisa memiliki peluang untuk mencetak sebuah gol dengan melakukan tembakan jarak jauh menggunakan kakinya dalam upaya membahayakan gawang lawan.

  1. Support

Meski posisinya berada di belakang atau garis pertahanan, bukan berarti pemain anchor hanya menempati posisi itu-itu saja. Pemain ini bisa melibatkan 4 pemain baik saat menyerang maupun juga bertahan. Tentu jika unggul dalam jumlah pemain bisa menguntungkan bagi timbya snediri yang sedang berusaha menyerang mauoun juga bertahan.

  1. Attitude

Attitude sendiri sebenarnya merupakan faktor non teknis yang ada di dalam sebuah pertandingan. Meskipun hanya begitu, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Tentu kepercayaan rekan satu tim akan muncuk ketika pemain anchr memiliki attitude yang baik.

website jersey printing id