Formasi Futsal

Formasi Futsal Menyerang dan Bertahan

Formasi Futsal – Pada permainan futsal seperti yang kita ketahui ini dimainkan secara tim nukan secara individu, maka dari itu akan sangat penting dari sebuah tim tersebut mampu menggabungkan antara kolektivitas dan juga kekompakan antar permain. Pada permainannya tentu menggunakan formasi yang tepat untuk digunakannya agar bisa memenangkan pertandingan.

Di dalam strategi  juga terdapat formasi yang tentu akan digunakan baik saat akan menyerang ataupun juga bertahan. Sebelum kita akan menerapkan strategi yang harus digunakan nantinya, terlebih dahulu kita menentukan formasinya. Di dalam permainan futsal ini terdapat banyak sekali formasi yang bisa digunakan saat bermain futsal, namun semua formasi itu tergantung dari kebutuhan tim mengenai pihak lawan yang akan dihadapi nantinya.Dengan menggunakan formasi futsal yang tim butuhkan tentunya akan bermain lebih praktis dan menguasai jalannya pertandingan. Dalam permainan futsal ini pemain tidak hanya fokus dengan formasi yang sudah ditentukannya saja, melainkan juga bisa berganti formasi yang lebih ideal. Lalu apa saja formasi dan strategi yang ideal di dalam permainan futsal ini? Berikut sudah admin jelaskan.

Formasi Futsal Terbaik

  1. Formasi 2-2

Formasi yang pertama dalam permainan futsal adalah Formasi 2-2 dimana dua pemain diposisikan untuk bertahan dan dua pemain lagi ditugaskan untuk mengisi sektor serangan tim. Memang kebanyakan tim futsal menggunakan cara ini karena merupakan formasi yang sangat ideal baik untuk bertahan dan juga menyerang.

Baca : proses pembuatan jersey futsal printing

  1. Formasi 3-1

Formasi selanjutnya yairu formasi 3-1 di mana ada 3 pemain yang ditempatkan secara sejajar di belakang atau di dalam area pertahanan dan satu 1 pemain ditugaskan menjadi targetman atau motor penyerang tunggal. Namun ketika menyerang formasi ini bisa rumah menjadi 1-2-1 atau 1-12 sebagai variasinya.

  1. Formasi 1-3

Formasi yang ketiga ini juga sering digunakan yang mana 1 pemain yang diposisikan di belakang garis tengah dan 3 pemain lainnya di tempatkan di area lapangan lawan dan diffokuskan untuk melakukan serangan ke gawang lawan.

  1. Formasi 4-0

Formasi ini merupakan formasi yang dikususkan untuk bertahan, di mana 4 pemain ini di tempatkan di belakang garis tengah untuk mengamankan gawangnya sendiri dan menghalau serangan musuh. Biasanya formasi ini bervariasi jika melakukan serangan menjadi 3-1, 1-2-1 atau bisa 1-1-2.

  1. Formasi 0-4

Formasi 0-4 ini berbanding terbalik dengan formasi 4-0, jagan sampai Anda salah dalam mengartikannya. Di dalam formasi ini 4 pemain ditugaskan berada di area lapangan lawan yang bertujuan untuk lebih fokus melakukan serangan. Tentu jika dalam bertahan formasi ini akan kesulitan dan nantinya bisa berubah formasi dengan beberapa varian seperti 1-2-1, 1-1-2 dan juga bisa 3-1.

  1. Formasi 1-2-1

Formasi ini memang cukup seimbang ketika akan digunakan untuk bertahan ataupun juga menyerang. Di mana 2 pemain di letakkan di tengah lapangan dan 1 pemain di area lapangan lawan serta 1 pemain lagi berada di jantung pertahanan tim.

Baca juga :

  1. Formasi 1-1-2

Formasi 1-1-2 memiliki tujuan untuk melakukan serangan balik yang lebih efisien dan juga efektif .Di mana 1 pemain di letakkan di belakang sebagai kunci serangan dan 1 pemain sebagai target dan 2 pemain lainnya berada di posisi kanan dan kiri daerah lawan untuk menerima dan melakukan serangan dari sayap.