Peraturan Futsal lengkap

Peraturan Futsal Terbaru, Singkat Dan Terlengkap

Tentu sebelum kita ingin bermain futsal, kita sendiri harus mengetahui peraturan-peraturan futsal yang ada di dalamnya yang tentunya berlaku di dalam permainan futsal saat ini. FIFA sendiri sebagai induk dari olahraga futsal telah memberikan kurang lebih 18 peraturan yang memang harus dipatuhi ketika bermain futsal.

Meskipun sudah ditetapkan dan dikeluarkan peraturan dari FIFA, masih ada banyak permainan futsal yang merubah peraturan tersebut sesuai dengan kondisi dan situasi pertandingan. Contohnya, di peraturan FIFA jumlah maksimal pemain cadangan ada 7 orang. Pada beberapa pertandingan yang ada, peraturan tersebut dapat diubah dengan jumlah maksimal pemain cadangan yaitu sebanyak 10 orang.

Peraturan ini bisa mengalami perubahan biasanya karena kesepakatan antara kedua belah pihak atau kedua tim yang sedang bertanding saja. Dan peraturan ini biasanya hanya digunakan pada pertandingan antar tim-tim tersebut saja.

Peraturan Futsal Lengkap

Berikut ini merupakan beberapa peraturan permainan futsal yang admin rangkum sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh FIFA.

  1. Ukuran Lapangan Permainan Futsal

Memang futsal sendiri lapangannya berbentuk sama dengan permainan futsal, dimana sama-sama berbentuk persegi panjang. Garis pembatas samping lapangan memiliki ukuran lebih banjang jika dibandingkan dengan garis gawang. Berikut ini merupakan ukuran lapangan futsal sesuai standar FIFA.

  • Memiliki Panjang 25 – 42 m x lebar 15 – 25 m.
  • Garis batas pada lapangan futsal memiliki lebar 8 cm, yakni garis gawang di ujung-ujung, garis sentuh di sisi, dan garis melintang tengah lapangan.
  • Lingkaran tengah yang memiliki ukuran diameter sepanjang 6 meter.
  • Daerah penalti yang berbentuk busur berukuran 6 meter dari setiap pos.
  • Garis penalti memiliki panjang 6 meter dari titik tengah garis gawang.
  • Garis penalti kedua yaitu sepanjang 12 meter dari titik tengah garis gawang.
  • Zona pergantian yang berdaerah 6 meter (3 meter pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
  1. Ukuran Bola Futsal

Bola sebagai media utamanya dalam permainan futsal ini memang bentuknya sama seperti bola pada permainan sepakbola. Namun memiliki bahan yang berbeda, dimana dalam permainan sepak bola media utama berupa bola harus memiliki tekstur keras agar ketika melakukan tendangan bisa melesat dengan kecepatan tinggi.

Bola di dalam permainan futsal memang relatif lebih kecil dan juga volume angin yang di isi ke dalam bola tersebut tidak terlalu banyak. Bola ini memang terasa sedikit lembek, sehingga tidak akan terpantul tinggi. Hal ini bertujuan agar tempo permainan dapat ditekan karena pergerakan bola tidak akan terasa liar seperti dalam permainan sepak bola.

Ukuran bola futsal ini jika dibandingkan dengan bola sepakbola memiliki ukuran lebih kecil. Namun bola futsal akan terasa lebih berat jika dibandingkannya. Setelah kita selesai bermain futsal bagian yang kita gunakan untuk menendang bola akan terasa sedikit sakit.

Bola futsal memiliki diameter antara 62 cm sampai 64 cm dengan memiliki berat sekitar 400-440 gram. Jika nantinya pada saat pertandingan berlangsung bola yang digunakan mengalami kerusakan atau pecah, permainan akan dihentikan sementara selama pergantian bola. Berikut ini merupakan ukuran bola futsal.

  • Ukuran bola nomor 4.
  • Keliling bola antara 62-64 cm.
  • Berat bola mencapai 390-430 gram.
  • Lambungan bola bisa mencapai 55-65 cm pada pantulan pertama.
  • Bahan bola terbuat dari kulit atau bahan yang cocok lainnya (yang tidak berbahaya).
  1. Jumlah Pemain Futsal

Tentu dalam permainan futsal juga sama seperti dalam permainan sepakbola, dimana setiap pemain memiliki tugas yang harus dijalankannya agar permainan berjalan dengan baik dan tentunya memuaskan bagi tim nya sendiri. Dalam permainan ini memiliki pemain sebanyak 5 orang dimana permain tersebut harus bisa saling membantu antara satu dengan yang lainnya dalam kondisi bertahan maupun menyerang.

Lapangan yang kecil dalam permainan futsal ini seringkali membuat sebuah pertandingan mendapatkan banyak gol. Dalam permainan futsal, peran kiper tidak hanya bertugas untuk menjaga gawangnya saja, melainkan juga dituntut untuk berpartisipasi menyerang sebagai pemain kelima saat dibutuhkan.

Dalam permainan futsal memiliki aturan yang memang snagat tegas dalam jumlah pemain. Perbedaan yang bisa kita lihat dengan jelas saat kita menyaksikan permainan indoor socer atau street soccer. Pada permainan tersebut jumlah pemainnya memang tidak begitu dipermsalahkan dan yang penting seru dan mengasyikkan.

Pemain di dalam permainan tersebut bisa mencapai 7-8 pemain dalam satu tim dengan usia yang bisa dikatakan tidak rata. mulai dari anaj-anak, remaja, mahasiswa kerap bermain di dalam satu lapangan.

Berikut ini merupakan jumlah pemain di dalam permainan futsal sesuai dengan standar FIFA.

  • Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan dalam permainan futsal adalah lima pemain dengan salah satunya penjaga gawang.
  • Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan permainan futsal adalah dua pemain dengan salah satunya penjaga gawang.
  • Jumlah pemain permainan futsal cadangan maksimal adalah 7 orang.
  • Jumlah wasit dalam permainan futsal adalah 2 orang.
  • Jumlah hakim garis dalam permainan futsal adalah 0 orang.
  • Batas jumlah pergantian pemain dalam permainan futsal tak terbatas.
  • Metode pergantian dalam permainan futsal “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja. Pergantian penjaga gawang hanya boleh dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit yang sedang memimpin pertandingan).

Baca : 4 poisisi dalam futsal

  1. Prosedur Pergantian Pemain

Dalam permainan futsal juga ada prosedur pergantian pemain yang harus ditaati oleh masing-masing tim. Dalam futsal prosedur pergantian pemain ini diberi nama pergantian melayang. Yang mana semua pemain kecuali penjaga gawang dapat memasuki dan meninggalkan lapangan pertandingan kapan saja selama pertandingan.

Jika pergantian penjaga gawang harus minta persetujuan dengan wasit dan saat bola tidak sedang dimainkan. Untuk pemain cadangan hanya boleh menggunakan 7 pemain saja yang nantinya boleh bebas dilakukan pergantian.

  1. Perlengkapan Pemain Futsal

Perlengkapan dalam permainan futsal untuk pemain sendiri harus ada kaos bernomor, celana pendek, kaos kaki, pelindung lutut, dan alas kaki bersol karet. Sedangkan untuk penjaga gawang memakai sarung tangan dan boleh memakai celana panjang. Selengkapnya tentang perlengkapan futsal : KLIK DISINI

  1. Wasit dan Pembantu Wasit

Dalam pertandingan futsal terdapat dua wasit yaitu wasit utama dan wasit pembantu. Dimana wasit pembantu atau wasit kedua adalah untuk membantu wasit pertama.

  1. Tugas Pencatat Waktu

  • Menjalankan jam penghitung dan juga pencatat waktu atau chronometer setelah tendangan permulaan dilakukan (kick-off).
  • Menghentikan jam atau chronometer ketika bola tidak dalam permainan atau keluar dari lapangan.
  • Memulai kembali permainan seelah tendangan ke dalam lapangan, gol (bola masuk gawang), tendangan bebas, tendangan dari titik penalti pertama ataupun bahkan dari titik penalti kedua, tendangan sudut, waktu time out, atau wasit menjatuhkan bola.
  • Memeriksa waktu time-out atau waktu sela yang lamanya satu menit.
  • Memeriksa tepat dua menit waktu untuk menghukum tim yang pemainnya dikeluarkan atau istilahnya send off sebelum pemain pengganti memasuki ke dalam lapangan.
  1. Lama Permainan Futsal

  • Waktu normal dalam permainan futsal adalah 2 x 20 menit
  • Istirahat dengan waktu 10 menit
  • perpanjangan waktu 2 x 10 menit
  • Adanya penalti jika kedua tim dengan kedudukan sama saat perpanjangan waktu selesai (biasanya dilakukan jika sudah masuk 8 besar)
  • Tim out 1 kali oleh 1 tim di setiap babaknya
  • waktu pergantian babak maksimal adalah 10 menit.