Taktik dan Strategi Futsal Modern

Taktik dan Strategi Futsal Modern – Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa di dalam permainan futsal ini memang hampir sama dengan permainan sepakbola, di mana sama menggunakan strategi dan juga trik dalam penerapan yang sama ketika saat bertanding. Di lihat sekilas, ketidaksamaan yang paling mendasar antara permainan futsal dan juga permainan sepakbola ini bisa dilihat dari jumlah pemain dan juga ukuran lapangannya.

Saat ini permainan futsal telah menuju ke era modern di mana yang di maksud modern ini dari segi taktik dan juga strategi. Hal ini merupakan suatu konsep permainan yang akan digunakan saat mencoba menguasai jalannya pertandingan dengan baik pada saat bermain. Tentu hal ini bertujuan untuk meraih kemenangan di akhir pertandingan dan bermain dengan baik.

Pada saat ini di era yang sudah modern banyak di ketahui jenis strategi atau variasi yang bisa digunakan oleh setiap tim futsal yang bisa digunakan saat pertandingan. Memang ada beberapa strategi di dalam permainan futsal yang bisa dipakai tergantung dari intruksi pelatih tim. Selain itu, biasanya juga sering menyesuaikan dengan situasi di dalam pertandingan yang sedang dihadapi.

Tentu pada saat bermain dengan kondisi dan situasi tertentu, strategi permainan yang diterapkan bisa saja berubah di tengah pertandingan yang sedang berlangsung. Hal ini seprti ingin mencetak gol setelah mengalami kebuntuan, mengejar angka ketertinggalan dari lawan atau bahkan mengamankan skor dalam keadaan unggul.

Taktik dan Strategi Futsal Modern

  1. Strategi Melebar

Strategi Melebar ini bisa dipakai dalam taktik 2-2 dengan memainkan strategi yang baik dan benar. Dalam taktik ini, semua pemain menyebar ke semua sudut dan sesekali untuk melakukan rotasi agar musuh menjadi kebingungan. Keuntungan menggunakan strategi ini adalah pemain bisa memaksimalkan panjang lapangan untuk memaksa lawan terus berlari dan tentu akan mudah lelah.

Saat berhasil memancing 2 pemain musuh ke tepi lapangan, selanjutnya 2 pemain lainnya di dalam satu tim ini mencari posisi atau merangsek maju untuk bisa segera membuat serangan dan tembakan ke gawang lawan agar bisa menjadi gol.

  1. Strategi Total Football

Strategi ini sebenarnya sudah banyak digunakan dan sudah ada sejak lama yang pertama kalinya ditemukan oleh legenda belanda bernama Johan Cruyff saat menjadi pelatih dari Timnas Belanda. Strategi ini memiliki slogan atau motto yang sudah sangat terkenal berbunyi “Menyerang adalah pertahanan yang baik”. Biasanya strategi ini digunakan saat tim ketinggalan gol dengan ketertinggalan yang cukup banyak. ‘

Baca : tips jadi Ancor Futsal yang handal

  1. Strategi Tiki Taka

Strategi ini banyak di gunakan di era modern ini dengan sebutan tiki taka yang dulunya dipopulerkan oleh Timnas Spanyol dan Barcelona. Dalam strategi ini menggunakan cara memainkan bola-bola pendek dengan posisi pemain yang agak berdekatan atau rapat dan tidak berjauhan.

Biasanya strategi ini untuk memancing pemain lawan agar keluar dari area pertahanannya dan kemudian tim yang menggunakan strategi ini mencari celah dari kekosongan tim lawan yang ada untuk melakukan serangan dan mencetak gol. Namun kebanyakan pelatih menilai strategi ini kurang efisien jika pemain yang dihadapi memiliki stamina dan pressing yang bagus.

Baca : peraturan futsal lengkap

  1. Strategi Negative Football

Strategi yang terakhir ini biasanya digunakan saat kondisi tim dalam keadaan unggul dan berupaya untuk mengamankan angka kedudukan yang ada tersebut. Strategi ini memainkan tempo atau mengulur-ulur waktu yang ada dalam situasi tertentu