ukuran yang digunakan bertaraf nasional dan internasional

Ukuran Gawang Futsal Standar Nasional Dan Internasional

Ukuran Gawang Futsal – Memang gawang sendiri dalam permainan futsal merupakan perlengkapan yang wajib ada dan tentunya harus tersedia. Karena di dalam permainan futsal ini yang menjadi pemenangnya adalah tim yang paling banyak mencetak gol ke gawang lawan.

Gawang ini dilengkapi dengan jaring gawang yang gunanya untuk menahan bola jika masuk ke gawang agar bisa terlihat dan memastikan proses gol yang sudah terjadi atau sebelum. Tentu jika tidak ada gawang dan jaring gawang kita tidak bisa mengira apakah itu gol atau tidak, apalagi wasit pasti akan banyak melakukan kesalahan selama memutuskan terjadinya gol.

Kali ini Admin akan membahas mengenai ukuran gawang dalam permainan futsal. Ukuran Gawang yang ada di dalam permainan futsal memang tidak sebesar yang ada di dalam permainan sepakbola. Namun keduanya memiliki fungsi yang sama. Gawang ini berbentuk persegi panjang yang terbuat dari tiang dan dilengkapi dengan jaring gawang untuk menahan bola.

Anda bisa bertanya kepada teman Anda yang suka bermain futsal berapa sih ukuran gawang tersebut yang sudah standar di pakai dalam sebuah pertandingan futsal resmi. Namun kebanyakan orang tidak mengerti akan ukuran gawang ini meskipun orang tersebut suka bermain futsal. Jika Anda masih ragu mengenai ukuran gawang dalam permainan futsal dapat membaca di dalam artikel ini.

Baca juga : Formasi Futsal Terbaik

Ukuran Gawang Futsal Standar Nasional Dan Internasional

Berikut admin akan mengulasi sedikit mengenai ukuran gawang dalam permainan futsal, baik itu ukuran yang digunakan bertaraf nasional dan internasional yang tentunya harus diketahui oleh pemain futsal. Simak informasinya berikut ini ya.

  • Gawang dalam permainan futsal ini terdiri dari 2 tiang kanan dan kiri yang sejajar sama tingginya yang sering di sebut juga dengan sebutan tiang gawang. Dua tiang ini berposisi vertikal dengan ukuran yang sama dari setiap sudutnya yang dihubungkan dengan tiang horizontal pada bagian atas dari kedua tiang tersebut. Biasanya sering disebut dengan mistar atau tiang palang gawang.

  • Gawang ini di tempatkan di bagian tengah setiap garis gawang yang ada. Di dalam satu lapangan futsal terdapat dua gawang yang saling berhadapat atau setiap satu tim memiliki satu gawang.

  • Dari kedua tiang gawang tersebut memiliki jarak 3 meter yang diukur dari bagian dalam tiang gawang. Untuk jarang palang gawang atau mistar gawang ke lantai adalah 2 meter yang diukur dari bagian dalam mistar gawang atau palang gawang sampai permukaan lantai.

  • Kedua tiang gawang dan tiang palang atau mistar gawang ini memiliki diameter 8 cm.

  • Kedalaman gawang memiliki ukuran 80 cm pada bagian atas, dan di bagian bawah ini memiliki ukuran 100 cm.

  • Selain itu terdapat juga jaring gawang yang biasanya di buat dari bahan nilon dan merekat pada bagian belakang dari tiang gawang dan tiang palang atau mistar gawang. Jaring gawang ini berfungsi sebagai penanda jika bola masuk ke dalam gawang.

Baca juga : Bikin jersey printing futsal

  • Penampang memiliki bentuk persegi panjang, persegi, lingkaran atau elips. Namun kebanyakan lebih di anjurkan lagi berbentuk lingkaran, dikarenakan dinilai lebih aman bila terjadi benturan serta pantulan bola yang terjadi.
  • Gawang dalam permainan futsal ini dapat dipindah pindah namun harus tetap kokoh berdiri aman di permukaan lapangan selama pertandingan futsal berlangsung.