Perlengkapan Futsal Secara Umum Serta Penjelasannya

Perlengkapan Futsal Secara Umum

Perlengkapan Futsal

Perlengkapan Futsal  – Futsal sendiri memang perlengkapannya sama dengan permainan sepak bola. Dalam permainan futsal juga membutuhkan berbagai perlengkapan dalam permainannya, diantaranya seperti sepatu, bola, kostum, pelindung lutut atau pelindung tulang kering dan lain sebagainya sebagai sarana pendukung seperti lapangan permainan.

Di lain dari semua ini juga masih ada beberapa perlengkapan yang digunakan dalam permainan futsal. Namun perlu digaris bawahi, perlengkapan tersebut tidak membahayakan diri sendiri dan juga para pemain lainnya baik itu rekan satu tim maupun juga tim lawan yang sedang bertanding.

Seperti yang sudah tertulis di dalam peraturan FIFA yang juga sudah disepakati ini, dalam permainan futsal juga terdapat beberapa larangan dalam penggunaan perlengkapan permainannya yang tidak bisa ditoleransi atau tidak boleh digunakan serta wajib di copot pada saat bermain futsal ini. Yang dimaksuda perlengkapn yang tidak boleh digunakan seperti perhiasan tindik, cincin, kalung, dam lain sebagainya.

Nah, berikut ini Admin akan membahas mengenai berbagai kelengkapan yang umumnya digunakan pada saat bermain futsal yang akan dijelaskan secara singkat.

1. Pakaian atau Jersey

  • Kaos

Perlengkapan yang pertama yaitu Pakaian atau Jersey yang digunakan oleh setiap pemain futsal. Biasanya pakaian ini tidak mempunyai aturan khusus yang tertulis asalkan memiliki fungsi sebagai tanda pembeda yang akan membedakan antara ke duda tim yang sedang bertanding di tengah lapangan yang sudah bisa dianggap sah.

Namun kostum atau jersey ini umumnya memakai bahan yang mudah menyerap keringat dengan baik dan tidak terlalu kaku. Masalah aturan nomor punggung yang ada pada permainan futsal hanya diwajibkan untuk memakai nomor punggung 1 hingga 15 saja dan tertelak di bagian belakang jersey dengan warna yang berbeda dari warna dasar pakaian tersebut.

Memiliki kaos futsal yang keren juga akan menambah semangat bertanding. Coba kamu lihat desain baju futsal terbaru

  • Celana Pendek

Celana Pendek ini biasanya sudah satu set degan Koas pemain, untuk para pemain sendiri wajib menggunakan celana pendek dan bahannya juga sama seperti jersey dan tidak memiliki aturan harus  yang tertulis. Jika pemain memakai bicycle pants, maka warnanya harus sesuai dengan warna celana yang dipakainya.

Namun untuk penjaga gawang sendiri atau kiper boleh menggunakan celana panjang dan warna jerseynya juga berbeda dengan para pemain lainnya dalam satu tim maupun tim musuh.

2. Kaos Kaki

Umumya kaos kaki merupakan perlengkapan yang waijb digunakan oleh pamain karena memiliki berbagai funsi diantaranya seperti melindungi kaki dan mempermudah dalam pemakaian pelindung tulang kering. Mengenai bahan dari kaos kaki dan juga warna dari kaos kaki ini tidak ada aturan yang spesifik asal itu berbentuk kaos kaki yang tidak membahayakan diri sendiri dan tim lawan sudah diperbolehkan.

3. Pelindung Tulang Kering

Biasanya pelindung tulang kering ini sering disebut dengan Deker, yang terbuat dari karet dan juga bahan sejenisnya. Benda ini memang diperbolehkan dipakai di dalam permainan futsal untuk menjaga tulang kering kita pada saat hal yang tidak dinginkan terjadi, asalkan kita bisa memberikan yang sesuai.

4. Bola

Mengenai Bola dalam permainan futsal terdapat beberapa penyesuaian yang diperbolehkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keliling bola tidak kurang dari 62 cm dan tidak lebih dari 64 cm.
  • Tekanan di dalam Bola futsal antara 0,4 hingga 0,6 atmosfer (atm) atau 400-600 g/bm3 pada permukaan laut
  • Berat 400 gram dan tidak lebih dari 440 gram
  • Terbuat dari bahan kulit dan sejenisnya.

Baca juga : 4 posisi dalam futsal yang wajib kamu tahu

5. Sepatu

Memang pemilihan sepatu dalam permainan futsal ini sangatlah penting karena bisa mempengaruhi faktor performa di atas lapangan. Maka dari itu, jenis sepatu yang dipakai ini sesuai dengan karakter pemainnya yang akan memakai.