posisi pivot

Tips Jadi Pivot Futsal Yang Handal

Pivot Futsal

Pivot Futsal – Permainan atau olahraga futsal merupakan permainan yang dimainkan secara tim berjumlah 5 orang yang terorganisir dengan baik. Tentu di dalam permainannya, setiap pemain memiliki tugas dan posisi yang berbeda dan tentunya bertanggung jawab atas tugas yang di berikannya.

Bagi Anda yang masih pemula dan baru mengenal futsal di dunia olahraga, tentu belum banyak mengenal mengenai posisi dan tugas pemain futsal agar bisa Anda kuasai dan di terapkan dengan baik dan benar.  Pivot futsal sendiri dalam permainan futsal memiliki istilah atau arti yang kadang disebut sebagai target man, top man, dan striker atau spesialis.

Meski memiliki sebutan atau nama yang bermacam-macam, namun tetap memiliki tugas yang hanya satu yaitu sebagai pemimpin serangan dalam timnya atau bisa juga sebagai tombak saat tim menyerang ke daerah lawan. Sebutan Pivot memang sering kali digunakan ketika pemain futsal sering menerima bola, dalam posisi yang membelakangi arah gawang.

Selanjutnya pemain tersebut mencari cara untuk posisi berputar dan melakukan sebuah gerakan pivot atau poros untuk melewati pemain lawan dan kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang lawan. Pivot sendiri selain memiliki tanggung jawab yang cukup besar sebagai poros dari timnya, pemain ini juga harus bisa mempertahankan penguasaan bila dan mampu memberikan umpan kepada rekan satu tim.

Tips Jadi Pivot Futsal

Selain itu pivot juga bisa membuka rung permainan dari bawah. Meskipun tugas yang paling utama dan paling terpenting adalah terfokus pada serangan, namun juga harus berkontribusi ikut membantu pertahanan jika timnya mendapat serangan dari lawan. Nah, kali ini Admin akan membahas mengenai tips menjadi pemian pivot dalam bermain futsal yang baik dan benar.

  1. Cepat Mengambil Sebuah Keputusan

Tentu pemain pivot sendiri menjadi motor atau sentral serangan dalam sebuah tim futsal. Pemian ini bisa menciptakan peluang dengan sendiri, namun juga untuk rekan satu timnya. Pemain ini harus memiliki timing bola yang baik dan juga pintar untuk melepaskan umpan ke rekan pemain flank atau menciptakan sebuah peluang.

  1. Kuat Dalam Menguasai Bola

Tentu pemain pivot harus memiliki kemampuan. Tidak hanya kokoh saja, namun juga harus bisa menguasai bola dengan baik yang juga menjadi salah satu modal yang harus dimiliki oleh pemain ini. Karena saat di lapangan saat menguasai bola tentu akan mendapat hadangan dari tim lawan.

  1. Mengontrol Menggunakan Outsole

Mengontrol menggunakan outsole tentu menjadi modal utama dalam menjadi pemain pivot di dalam permainan futsal. Mengontrol menggunakan outsol juga sering disebut menggunakan sol yang tentu tidak akan mudah direbut oleh pemain lawan.

  1. Mempunyai Naluri Gol Tinggi

Tentu jika ingin menjadi pemain pivot dalam permainan futsal harus memiliki naluri mencetak gol tinggi dan sebanyak mungkin. Tentu pemain harus tahu kapan waktu yang pas untuk memecahkan kebuntuan, serta harus pintar mencari celah dan juga memiliki karakter yang opertunis.

Lihat juga : posisi pemain futsal lainnya

Memang tidak mudah menjadi pemain pivot dalam permainan futsal. Tentu dibutuhkan kemampuan menguasai bola dengan baik serta memiliki strategi yang bagus dan juga ketepatan dalam menciptakan sebuah peluang. Pemain pivot terbaik di Indonesia saat ini adalah Syahidansyah Lubis.

website jersey printing id