Mengenal-Lebih-Dalam-Posisi-dan-Tugas-Pemain-Futsal-

Mengenal Lebih Dalam Posisi Dalam Futsal

Posisi Dalam Futsal

Pada artikel ini akan kami ulas tuntas tentang berbagai posisi dalam futsal sehingga kamu tahu akan bermain dalam posisi apa. Sampai sekarang ini futsal menjadi olahraga yang banyak digemari di Indonesia, mulai dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa. Memang di berbagai tempat di indonesia terdapat lapangan futsal yang bermunculan.

Futsal juga bisa dibilang sebagai sepak bola mini, karena olahraga futsal sendiri memang mirip dengan sepak bola, bedanya hanya jumlah pemainnya saja dan juga ukuran lapangannya. Umumnya lapangan futsal ini berada di dalam ruangan atau indor, namun juga ada beberapa lapangan futsal yang berada di luar ruangan.

Dalam permainan futsal ini juga pergantian pemainnya lebih banyak jika dibandingkan dengan permainan sepak bola. Pemain dalam permainan futsal namun hanya berjumlah 5 pemain saja, perbedaanya memang terlihat sangat jelas pada posisi dan strategi yang dimainkannya. Dalam permainan futsal ini tempo permainannya akan lebih cepat dibandingkan dengan permainan sepak bola.

Posisi Dalam Permainan Futsal Dan Tugasnya

Bagi Anda yang baru mengenal futsal, berikut ini Admin akan menjelaskan beberapa posisi pemain dan tugasnya dalam permainan atau olahraga futsal.

berbagai posisi dala permainan futsal

  1. Kiper

Biasanya nomor pemain futsal maupun sepak bola, kiper identik dengan nomor 1. Posisi pertama yang harus Anda ketahui dan pahami adalah kiper. Memang tugas kiper atau penjaga gawang dalam permainan futsal dengan permainan sepak bola sama, dimana sama-sama melindungi gawang dari serangan lawan. Jangan sampai bola itu masuk ke gawang.

Tentu jika Anda ingin menjadi kiper futsal harus refleks dan insting membaca pergerakan bola yang baik. Lebih baik lagi jika Anda memiliki bada yang besar dan tentunya musuh akan merasa kesulitan untuk membobol gawang Anda.

  1. Anchor

Posisi kedua yang harus Anda ketahui adalah Anchor. Biasanya Anchor berada di depan kiper, dalam sepak bola anchor ini sama seperti bek. Bedanya, dalam permainan futsal, anchor ii tidak hanya bertahan saja melainkan juga mengatur strategu penyerangan dalam permainan tim. Jadi bisa dikatakan bahwa Anchor ini merupakan pemain pertama yang memulai membangun serangan dari awal.

Dengan tugsanya sebagai pertahanan dan pembangun penyerangan, Anchor ini harus memiliki skill penguasaan bola yang baik serta stamina yang prima.

  1. Flank

Selanjutnya, posisi dalam permainan futsal adalah Flank. Posisi Flank sendiri berada di samping. Biasanya tugas dari posisi ini sebagai motor serangan dan juga menjadi penghubung antar pivot dan anchor. Pemian Flank dituntut harus bisa menciptakan peluang gol, tak heran jika flank menjadi kunci andalan di dalam kemenangan permainan futsal.

Tentu jika Anda ingin menjadi pemain flank ini harus memiliki speed dan kontol yang bagus, dan pemian flank dalam permainan futsal ini biasanya dituntut untuk memanfaatkan tiap peluang yang ada agar bisa menjadi gol.

Lihat juga : 14 desain jersey futsal yang wajib kamu miliki

  1. Pivot

Posisi pemian dalam permainan futsal yang terakhir adalah Pivot. Pivot sendiri biasanya memiliki tugas sebagai pemain yang harus bisa mencetak gol atau istilahnya menyelesaikan peluang yang diberikan dari flank untuk bisa menjadi gol. Memang posisi pivot ini tak kalah penting daro flank yang juga bisa menjadi pemutus serangan pertama lawan sebelum lawan masuk ke daerah pertahanan kita.

Untuk bisa menjadi pemain pivot dalam permainan futsal. Tuntu Anda harus memiliki tubuh yang tinggi dan insting haus akan gol. Anda dapat melihat pemain yang memiliki karakteristik tersebut yaitu pivot gempal pemian futsal timnas Indonesia, Syahidansyah Lubis.

Baca juga : Tips jadi pivot yang handal

Sudah tau dimana posisi dalam futsal yang pas ? Tingkatkan latihan dan salam olahraga !!

website jersey printing id